Minggu, 25 November 2012

Pengabdian dr. Ririn (Sukarelawan Dokter USMC)

 
 
Setiap orang yang mengenal beliau, selalu menyapanya dengan panggilan dokter Ririn.
Pemilik nama lengkap dr.Ririn Hendri Kustantini, setiap hari senin selalu bermarkas di klinik USMC, klinik yang melayani pasien kaum dhuafa.
Beliau adalah seorang dokter lulusan sebuah universitas ternama di Indonesia yaitu UGM Yogyakarta yg lulus pada tahun 1989.

Satu tahun setelah kelulusan beliau sempat bertugas di Puskesmas Temanggung dari tahun 1990 sampai 1995, kemudian beliau melanjutkan karirnya dg bekerja di RS Setia Mitra Jakarta Selatan dari tahun 1995 sampai 1998.

Setelah itu beliau lebih memilih tinggal di rumah sambil mengelola klinik pribadi yaitu klinik ASSALAM di Pabuaran Bojonggede Bogor hingga sekarang. Beliau menikah pada tahun 1991 dg pujaan hatinya yaitu Bp Setiawan dan saat ini telah dikaruniai tiga orang anak yang sudah beranjak besar, Imania Anisa R(kuliah di ITB), Arif Akbar (kuliah di UGM) dan Muhammad Rasyid (SD Ummul Quro).

Dokter yang ketika kecil sangat menyukai pelajaran matematika ini, Selain mengelola klinik ASSALAM juga menyediakan waktu untuk menjadi sukarelawan di klinik USMC. Bahkan beliaulah penggagas pertama dibentuknya klinik USMC tersebut, hal ini sangat bisa dipahami karena beliau seorang dokter yg sebelumnya sudah terbiasa melakukan kegiatan sosial. Ide awal terbentuknya USMC, dilatarbelakangi dari keinginan kuat memiliki klinik gratis khusus kaum dhuafa yang berada di wilayah bojong gede dan sekitarnya.

Bagi ibu yang ketika muda menyukai travelling dan naik gunung ini memandang Bojong gede sebagai wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan, tetapi kesadaran terhadap pentingnya kesehatan masih kurang.Rumah sakit juga banyak di sekitar wilayah Bojong gede tetapi tidak bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.

Juga ada kekhawatiran dari masyarakat kelas bawah yang takut berobat ke Rumah sakit, karena biaya yang lumayan besar. sementara kehadiran Puskesmas yang diharapkan dapat melayani semua lapisan masyarakat, itupun belum maksimal dalam memberikan pelayanan.

Dengan dukungan dari teman teman, maka didirikanlah Ummu Sumayah medical center(USMC). Mengapa ummu sumayah namanya? agar semangat sumayah yang hidup pada zaman Rasul kemudian syahid dalam mempertahankan aqidahnya,
menginspirasi USMC agar semangat melayani ummat.


Kendala di klinik USMC ,hanya memiliki satu dokter yaitu dr. Ririn lah yang selalu hadir tiap hari Senin untuk memberikan pelayanan pengobatan bagi kaum duafa. Jika dr. Ririn berhalangan maka USMC kesulitan mencari penggantinya hingga akhirnya terpaksa menutup klinik.
 
 
foto doc usmc
 
Kiprah dokter yang selalu bangga pada ibunda yang memberi kontribusi besar dalam membentuk kepribadiaannya ini, bersama kawan kawan di USMC, setiap sebulan sekali menyelenggarakan bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat dhuafa di wilayah Bojong gede dan sekitarnya dengan dibantu oleh dr. Santi.

Karena dengan jumlah pasien kurang lebih 100 orang dr. Ririn akan kewalahan jika melakukannya seorang diri. Sementara teman teman yang lainnya membantu menyiapkan obat dan pengecekan darah.
Ketulusan hati dr Ririn dalam melayani pasien senantiasa berpengaruh pada kesembuhan mereka. disapanya setiap pasien, tidak hanya menyentuh raganya tapi juga hati dan jiwa sang pasien. Salam, sapa dan senyum adalah hal yang selalu disampaikan dokter Ririn kepada para pasiennya.

Ibu yang hobi masakan asli Indonesia ini, dalam melaksanakan kiprah di USMC, mendapat dukungan penuh dari keluarga tercinta , terutama dukungan penuh dari suami dan ibunda tercinta. Bahkan suaminya senantiasa berpesan agar USMC dalam melaksanakan tugasnya tidak pilih pilih pasien.

Keinginan mulia beliau adalah USMC mampu turut serta mengurai sedikit dari banyaknya persoalan kesehatan di negeri ini.

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan harapan. mimpi dan harapan dr. Ririn bersama USMC, kelak USMC menjadi klinik yang besar atau Rumah Sakit , sehingga dapat melayani kaum dhuafa lebih banyak serta menjadi tempat para relawan yang ingin mengabdikan ilmu dan keahliannya, juga menjadi lahan amal jariyah para donatur, jembatan antara kaum agnia dan dhuafa.

Itulah sekilas profil sukarelawan dokter klinik USMC yg juga merupakan pencetus berdirinya klinik gratis bagi kaum duafa di wilayah Bojong Gede Bogor. Mudah-mudahan beliau senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT, senantiasa diberi kesehatan dan kesempatan, sehingga bisa melayani ummat yg sangat membutuhkan jasa dan kemurahan hati beliau.....aamiin.


 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebagai penyambung tali silaturahim, jangan lupa tinggalkan komentar :)